Mendefinisikan Media Sosial Secara Tepat

Di era millennial, siapa yang tidak kenal dengan media sosial? Meski sudah sangat akrab dalam kehidupan sehari-hari, kenyataannya masih banyak yang salah dalam mendefinisikan media sosial. Pertama-tama, penting untuk diketahui bahwa media sosial terdiri dari dua bagian yaitu “media” dan “sosial”. Makna dari “sosial” mengingatkan bagaimana Anda berinteraksi dengan konsumen. Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, beberapa poin-poin di bawah ini bisa mendefinisikan media sosial secara tepat:

Interaksi sosial

Poin terpenting dari media sosial yaitu interaksi. Media sosial bukan alat yang digunakan untuk meneriakkan tentang promosi dan penjualan dari brand atau produk Anda. Melalui media sosial, Anda bisa mempunyai kesempatan untuk terlibat interaksi dengan konsumen. Tanyakan pertanyaan, sediakan informasi atau tips, ajak untuk berpartisipasi, dan masih banyak lagi. Ini adalah beberapa cara dalam berinteraksi dengan konsumen di media sosial.

Dialog Terbuka

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa media sosial bukan hanya alat untuk mempromosikan brand atau produk Anda. Daripada sekedar promosi, gunakan media sosial sebagai alat untuk berdialog dengan konsumen. Jadilah terbuka dengan mereka terutama ketika berkaitan dengan perubahan, produk, dan kegiatan terbaru. Membuka dialog tentang bisnis dengan konsumen, akan menjaga konsumen agar mereka tetap merasa dilibatkan dan dihargai.

Komunikasi

Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam social media marketing. Jadikan platform media sosial yang Anda jalankan sebagai jalur komunikasi langsung dengan konsumen, agar mereka selalu up to date dengan informasi yang berkaitan dengan brand atau produk.

Identitas

Media sosial seharusnya bisa menjadi refleksi dari identitas brand atau produk Anda. Jika target konsumen  dari brand atau produk Anda adalah orang muda, maka pastikan citra yang Anda tampilkan juga demikian. Misalnya dengan menggunakan bahasa yang tidak formal atau membuat content yang lebih fun.

Loyalitas

Salah satu tujuan penting dalam media sosial yaitu mencari konsumen yang loyal. Media sosial bisa menjadi jalan yang tepat untuk memberikan pengertian seberapa besar Anda dalam menghargai konsumen. Dengan menunjukkan seberapa besar keloyalan Anda terhadap konsumen, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan hal yang sama.

Mengatur Image Brand atau Produk

Perusahaan biasanya menggunakan peran public relation dalam membangun dan mengatasi segala sesuatu yang berkaitan dengan image brand atau produk di mata masyarakat. Kehadiran media sosial bisa membantu peran public relation yang berkaitan dengan image brand atau produk secara online.

Keterlibatan

Salah satu kunci dari penggunaan media sosial yaitu keterlibatan. Keterlibatan dapat dicapai melalui interaksi langsung dengan konsumen Anda, misalnya merespon komentar dan pertanyaan, berterima kasih kepada konsumen yang loyal, dan masih banyak lagi.

Menyampaikan Nilai

Tidak ada seorang pun yang akan mengikuti akun media sosial brand atau produk Anda, jika Anda selalu berbicara tentang produk dan penjualan. Mereka butuh alasan yang kuat untuk bisa mengikuti akun Anda. Tentukan nilai apa yang ingin didapat oleh konsumen dari akun media sosial Anda.

Integrasi

Media sosial bukanlah platform yang dapat berdiri sendiri, di mana sebaiknya terintegrasi dengan berbagai platform dan medium yang mendukung branding yang Anda jalankan.

Aktif

Salah satu aspek penting dalam media sosial yaitu aktif. Anda butuh aktif dalam membuat content yang bisa menarik perhatian banyak orang dan yang paling penting yaitu aktif dalam berinteraksi dengan konsumen Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *