Menemukan Target Audience Secara Tepat di Instagram

Ketika Anda menggunakan media sosial sebagai salah satu bagian dari strategi pemasaran bisnis, Anda butuh untuk menjangkau audience secara tepat sasaran. Namun, bagaimana caranya Anda menemukan dan menjangkau mereka? Mempunyai 100.000 followers di Instagram tapi tidak pernah aktif merespon postingan Anda merupakan sesuatu hal yang sia-sia. Tips dan trik berikut ini, bisa Anda gunakan untuk menemukan audience secara tepat di Instagram. Audience merupakan satu hal yang penting untuk dikenal atau dipelajari lebih jauh oleh seorang entrepreneur.

Memantau hashtag event

Apapun industri Anda, tentu ada beberapa event yang berkaitan dengan industri Anda, seperti pameran, konferensi, seminar, pertunjukan, dan lain-lain. Apapun event-nya, ikuti perkembangan hashtag event tersebut di Instagram. Cek secara rutin hashtag terkait event untuk menemukan target audience yang ideal. Namun yang perlu Anda lakukan harus lebih dari sekedar mengikuti hashtag, misalnya dengan memberikan love pada foto yang mencantumkan hashtag event tersebut dan berinteraksilah.

Ambil beberapa waktu untuk membaca caption dari foto dan cobalah untuk merespon, menjawab pertanyaan, menawarkan sebuah solusi, atau tanya mereka mengenai event yang telah mereka ikuti. Hal ini penting dilakukan karena mereka adalah target audience dari akun media sosial bisnis Anda.

Memantau hashtag hobi

Sama seperti metode di atas, mengikuti hashtag hobi yang berkaitan dengan bisnis Anda merupakan taktik yang bisa digunakan untuk mencari tahu target audience yang tepat. Misalnya, jika brand Anda merupakan brand kosmetik, maka ikuti hashtag kecantikan, fashion, dan hashtag lainnya yang terkait dengan kosmetik. Lalu gunakan metode di atas, dengan memberikan love, atau membangun percakapan dengan audience.

Memantau akun kompetitor

Cara selanjutnya yaitu dengan melihat profil followers kompetitor. Anda dapat melihat seluruh list followers yang mengikuti mereka dan segera temukan orang yang ideal. Cari tahu siapa yang aktif dalam merespon dan cocok dengan target audience bisnis Anda. Lalu lakukan pendekatan, love beberapa postingan mereka, dan bangun percakapan dengan memberikan komentar atau menjawab pertanyaan. Metode ini memang lebih rumit daripada dua tips di atas tapi percayalah bahwa metode ini cukup efektif.

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *