9 Tanda Bahwa Anda Harus Segera Perbaiki Strategi Media Sosial

Saat ini media sosial bisa menjadi salah satu alat yang mendukung kegiatan pemasaran. Namun jika Anda tidak mempunyai strategi yang tepat, tentu ini tidak akan berjalan efektif. Itulah mengapa penting untuk membuat strategi terlebih dahulu sebelum mulai menjalankan pemasaran di media sosial secara aktif.

Sama halnya dengan pertumbuhan manusia, strategi media sosial juga seharusnya rutin mengalami perubahan dengan menyesuaikan keadaan. Bagaimana memilih waktu yang tepat untuk memperbaiki strategi media sosial bisnis Anda? Sembilan tanda di bawah ini merupakan tanda bahwa Anda perlu untuk memperbaiki strategi bisnis Anda.

1. Tidak tahu konten apa yang harus diunggah

Strategi media sosial seharusnya juga termasuk dengan pembuatan konten dan pemilihan informasi apa yang bisa disebarkan kepada audience. Jika Anda bingung dengan apa yang harus diunggah di akun media sosial bisnis Anda, maka ini merupakan tanda bahwa Anda harus memperbaiki strategi media sosial.

2. Hanya menggunggah konten promosi

Hal terburuk dari tidak mengetahui apa yang harus diposting di media sosial yaitu ketika Anda menyebarkan konten promosi yang berlebihan kepada audience Anda.

3. Mengunggah konten yang hanya Anda sukai

Jika media sosial pribadi, mungkin Anda bisa mengunggah hanya konten yang Anda sukai. Namun hal ini tidak berlaku bagi akun media sosial bisnis Anda. Audience merupakan prioritas dalam setiap pemilihan konten. Salah satu cara untuk mengetahui jenis konten apa yang disukai oleh konsumen bisa dengan menggunakan tools yang dimiliki oleh GDILab.com.

4. Jumlah engagement yang menurun

Idealnya, akun media sosial bisnis Anda selalu mengalami pertumbuhan. Mengalami penurunan sesekali mungkin hal yang wajar. Tapi secara umum, Anda harus melihat apakah pergerakannya berada ke arah negatif atau positif. Jika media sosial bisnis Anda mengalami penurunan yang terus menerus dan cenderung stagnan, dengan membuat strategi media sosial yang baru akan membantu Anda untuk mengubah ke arah yang positif.

5. Tidak ada orang baru yang tertarik

Berkaitan dengan nomor 4, jika Anda tidak menemukan followers baru atau siapapun orang baru yang tertarik dengan konten Anda, maka ini adalah waktunya untuk membuat strategi yang baru.

6. Tidak memberikan dampak pada penjualan

Media sosial merupakan salah satu alat yang bisa mendukung penjualan, Anda seharusnya tahu apa yang bisa dimaksimalkan dari media sosial untuk penjualan. Misalnya dengan menggunakan kode diskon yang bisa mengetahui berapa banyak orang yang membeli atau menggunakan jasa Anda berdasarkan promosi atau kampanye di media sosial.

7. Tidak mempengaruhi trafik ke website

Website yang Anda miliki merupakan pusat di mana konsumen dapat mencari tahu lebih banyak tentang informasi produk atau jasa, subscribe newsletter, membaca blog, dan lain-lain. Idealnya, ini adalah tempat yang benar-benar menjadi tujuan audience. Jadi, kalau media sosial bisnis Anda tidak memberikan dampak yang baik bagi trafik website Anda, maka Anda membutuhkan perbaikan dari segi stategi.

8. Kesulitan untuk mengatur waktu

Anda mungkin akan menemukan saat-saat di mana tidak dapat menemukan waktu yang cukup untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Atau mungkin Anda merasa bahwa membuang waktu yang terlalu banyak pada media sosial dan mengabaikan tanggung jawab lainnya. Penting untuk membuat strategi media sosial yang berdasarkan realita waktu yang Anda miliki setiap harinya. Ketahui kemampuan diri Anda dan buat strategi media sosial yang memungkinkan Anda untuk dapat sukses dengan waktu yang sudah ditentukan.

9. Tidak merasa sukses

Kesuksesan akan mempunyai makna yang berbeda-beda bagi sebagian orang dalam media sosial. Apakah Anda mendapat sejumlah uang dari penjualan, meningkatnya brand awareness, dan lain-lain. Anda perlu tahu apa definisi sukses bagi media sosial bisnis Anda.

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *