5 Fakta tentang Social Media Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Memasuki era millenial istilah social media marketing pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, di mana media sosial dipilih menjadi medium untuk memaksimalkan pemasaran. Namun, sebelum memilihnya menjadi salah satu strategi dalam pemasaran bisnis atau brand Anda, lima fakta tentang social media marketing berikut ini perlu Anda ketahui:

1. Bukan hal yang instan

Merupakan sebuah kesalahpahaman bahwa sedikit konten yang Anda sebarkan di media sosial bisa secara ajaib memberikan efek pada pemasaran produk atau bisnis Anda. Hal tersebut adalah sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Faktanya, dalam membangun bisnis dengan social media marketing membutuhkan waktu, strategi, dan tentunya biaya. Banyak brand atau perusahaan yang mengetahui bahwa aktif di media sosial adalah salah satu kunci sukses dalam pemasaran. Namun banyak juga yang belum mengetahui pentingnya menyusun strategi. Social media marketing bukan hanya sekedar membuat konten lalu mempublikasikannya, perlu komitmen, konsisten, dan adaptasi terhadap perubahan.

2. Tidak sepenuhnya “gratis”

Social media marketing lebih efektif untuk menjangkau target yang spesifik. Namun perlu diingat, media sosial tidaklah sepenuhnya gratis, atau bahkan murah. Ketika berpikir tentang biaya dari media sosial, Anda bisa mulai menghitung berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk membuat, memublikasikan, mempromosikan, dan memantau sebuah konten? Semua hal tersebut tentu tidak dapat dikonversikan menjadi sesuatu yang bisa dinilai dengan materi. Jadi, masih menganggap social media marketing “gratis”?

3. Mempunyai masa depan yang baik

Dengan perkembangan teknologi yang semakin masif, membuat media sosial menjadi pilihan terbaik untuk memasarkan sebuah produk atau brand. Perubahan budaya offline ke online menjadi salah satu penyebabnya. Jika dahulu masyarakat lebih suka membaca berita melalui media cetak seperti koran atau majalah, saat ini telah beralih ke media-media online yang lebih praktis yang bisa dibaca kapan dan di mana saja.

4. Strategi lebih penting dari taktik

Mengoptimalkan social media marketing tanpa strategi adalah sebuah hal yang penuh dengan kesia-siaan. Banyaknya pilihan kanal media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Linkedin, dan lain-lain membuat Anda harus lebih jeli dalam pengoptimalannya. Perbedaan antara strategi dan taktik yang perlu Anda ketahui, strategi adalah keseluruhan rencana sedangkan taktik adalah aksi untuk meraih sesuatu berdasarkan rencana. Taktik tanpa strategi dapat dipastikan akan selalu gagal. Mulailah dengan tujuan Anda, rumuskan strategi, dan coba cari tahu taktik apa yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan.

5. Hubungan dengan konsumen

Membangun hubungan dengan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam social media marketing. Mulailah untuk mengevaluasi hubungan yang selama ini sudah terjalin di media sosial. Selain menjalin hubungan, mendengarkan konsumen menjadi hal yang tak kalah penting. Dengan mendengarkan suara konsumen, Anda dapat membuat produk yang dibutuhkan konsumen sehingga menghindari trial and error.

Mendengarkan konsumen merupakan salah satu kunci keberhasilan dari social media marketing. Kehadiran analytics.gdilab.com akan membantu Anda menangkap percakapan-percakapan yang dibicarakan konsumen tentang bisnis atau brand Anda dan mengubahnya menjadi sebuah insight yang bermanfaat untuk pengembangan bisnis atau brand ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *