5 Hal yang Harus Dilakukan Entrepreneur sebelum Mulai Menjalankan Media Sosial

Pada akhirnya, setiap pemilik bisnis atau entrepreneur akan menyadari bahwa mereka membutuhkan media sosial untuk memasarkan brand atau produk mereka. Namun, sebelum mulai menjalankan media sosial, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda lakukan pertama kali, hal ini berlaku jika penggunaan media sosial Anda ingin berhasil. Berikut lima hal yang perlu dilakukan sebelum mulai menjalankan media sosial bisnis Anda:

1. Ketahui target audience

Sebelum mulai menjalankan media sosial, hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mengetahui siapa audience Anda. Anda perlu mengetahui siapa orang yang akan diajak berinteraksi dan menggunakan brand atau produk Anda secara online. Oleh karena itu, target audience idealnya adalah sama dengan target konsumen Anda. Orang yang ingin Anda jangkau secara online untuk membeli produk Anda. Anda bisa mengelompokkan berdasarkan usia, gender, lokasi, pendapatan, hobi, dan lain-lain.

2. Pilih platform media sosial

Sebelum memilih platform yang Anda gunakan, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui platform yang paling banyak digunakan oleh calon konsumen Anda. Misalnya, calon konsumen Anda lebih banyak menggunakan Instagram dan Twitter, maka jangan sampai Anda fokus pada penggunaan Path dan Snapchat.

Namun, jika Anda masih awam dalam menggunakan media sosial, Anda juga bisa memulai dengan menggunakan platform yang paling Anda pahami terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda kurang menguasai penggunaan Instagram, dan lebih merasa nyaman dengan Facebook, maka Facebook bisa menjadi platform yang tepat sebagai langkah awal.

Hindari penggunaan empat, lima, dan lebih banyak platform lagi. Lebih baik, pilih dua hingga tiga platform lalu maksimalkan dengan strategi dan taktik yang tepat, mengukur efektivitas, lalu baru menambahkan platform lainnya.

3. Menentukan username yang relevan

Username Anda adalah bagaimana Anda dapat dikenal di media sosial. Ketika Anda berinteraksi dengan calon konsumen, maka username yang akan mewakili Anda. Jadi, pilihlah username secara bijak. Sebaiknya, sesuaikan nama brand dengan username Anda di media sosial sehingga akan memudahkan audience dalam mengenalinya.

4. Tentukan tujuan Anda

Apa tujuan Anda dalam menggunakan media sosial? Jika Anda melakukannya hanya karena orang-orang berkata demikian, maka hal tersebut tidaklah cukup baik. Dan Anda tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Beberapa tujuan dalam menggunakan media sosial, di antaranya meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pemasaran, dan masih banyak lagi. Apapun tujuan Anda, pastikan bahwa hal tersebut bisa membuat bisnis Anda terus melaju menuju sebuah kesuksesan.

5. Membuat strategi media sosial

Ketika empat poin di atas sangat penting, namun poin ini ternyata jauh lebih penting. Menjalankan media sosial tanpa strategi akan membuat Anda berjalan tanpa arah dan rentan terhadap trial and error. Strategi media sosial mencakup banyak hal, mulai dari strategi content hingga strategi menghadapi komplain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *