5 Area Yang Perlu Anda Monitor di Social Media

Mungkin Anda sudah tahu kegunaan dari social media monitoring. Mungkin juga Anda tahu pentingnya social media monitoring. Namun apa saja sih yang perlu untuk dimonitoring di social media? Apakah cukup hanya memonitoring akun sosial media brand Anda saja?

Berikut ini adalah 5 area yang perlu Anda monitoring di social media.

1. Brand Anda (Brand terms)

Ini adalah suatu keharusan bagi semua pelaku bisnis untuk mengetahui bagaimana dan seperti apa brand Anda diperbincangkan di social media. Banyak orang akan langsung menyebutkan merek atau produk yang Anda tawarkan, tetapi mereka mungkin tidak menggunakan tanda “@” atau “#”, sehingga Anda tidak dapat memantaunya hanya dari notifikasi social media Anda. Di sini peran dari social media monitoring, di mana dapat memonitor percakapan mengenai brand Anda, baik yang di mention maupun tidak. Selain itu dengan social media monitoring, Anda memiliki jangkauan yang lebih luas untuk merlihat percakapan–percakapan yang telah lewat. Misalnya dengan dashboard Polaris atau Iris, Anda dapat mengetahui percakapan yang terjadi selama 7 hari kebelakang atau lebih secara menyeluruh.

2. Kategori Brand Anda (Brand-Adjacent Terms)

Ini berhubungan dengan mencari potensial pelanggan yang telah menunjukkan minat untuk membeli tetapi sedang membandingkan brand atau produknya. Dapat disebutkan bahwa ini adalah related atau asosiasi brand Anda. Sebagai contoh:

  • Suatu perusahaan kuliner mungkin akan memantau “makanan yang paling populer.”
  • Suatu perusahaan transportasi mungkin memantau untuk “kendaraan favorit para pekerja”
  • Suatu perusahaan asuransi mungkin akan memonitor “pandangan masyarakat terhadap asuransi”

3. Customer Needs

Semakin banyak pelanggan yang beralih ke media sosial sebagai tempat pertama untuk mendapatkan jawaban. Bahkan, jumlah pesan di media sosial yang memerlukan respon terhadap suatu brand telah meningkat 77% dalam beberapa tahun terakhir. Pastikan Anda tidak hanya aktif mengamati dan mendengarkan apa yang dikatakan followers Anda, tetapi juga terlibat dalam komunikasi dua arah, menjawab pertanyaan dari para followers, dan memberikan jawaban yang tokcer sehingga dari waktu ke waktu Anda dapat memonitor keinginan customers Anda.

4. Customer Sentiment

Mengumpulkan feedback dari orang-orang yang menggunakan produk Anda. Sentimen customer bisa ditindaklanjuti dengan melihat:

  • Konten
  • Produk, dan
  • Harga

Ini akan memberi Anda rasa percaya diri akan kelangsungan brand Anda, setidaknya menurut persepsi publik.

5. Kompetitor

Setiap pelaku bisnis harus memperhatikan tingkat kompetisi dengan pesaing. Upaya tsb dapat dilakukan dengan proses monitoring media sosial. Mulailah dengan memonitor apa yang sedang dilakukan pesaing. Istilah brand dan kata kunci untuk memonitoring seperti Produk-Produk Baru, atau melihat campaign kompetitor yang unik.

GDILab yang merupakan perusahaan Analytic asli karya anak bangsa yang menyediakan produk sosial media monitoring dan analisa, baik dalam bentuk dashboard monitoring maupun tailor-made analytic, dan telah melayani berbagai brand multinasional maupun internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *