Realistis dalam Menetapkan Target Media Sosial Brand atau Produk

Apa target media sosial brand atau produk Anda tahun ini? Dengan masifnya perkembangan media sosial, tak dapat dipungkiri menimbulkan ekspektasi tinggi bagi brand atau produk. Mereka mulai menetapkan target-target yang terlalu tinggi, entah itu mendapatkan ribuan followers atau meningkatkan penjualan dengan persentase tertentu. Tentu hal ini dapat menjadi bumerang bagi brand atau produk Anda. Oleh karena itu, inilah mengapa penting untuk menetapkan sejumlah target yang masih realistis.

Coba bayangkan, Anda adalah seorang atlet bulu tangkis. Semua atlet pasti memiliki impian untuk dapat bertanding di Olimpiade yang diadakan empat tahun sekali. Tentu saja, tidak ada yang salah dengan impian tersebut. Tapi jika itu satu-satunya target yang Anda tetapkan, maka secara tidak langsung Anda menetapkan kegagalan Anda sendiri.

Sebagai gantinya, Anda perlu menetapkan target realistis yang lebih kecil dan memungkinkan untuk dicapai dalam waktu dekat. Misalnya dengan target memenangkan kompetisi lokal, regional, hingga nasional. Setelah Anda terbukti dapat memenangkan beberapa kompetisi kelas nasional, barulah Anda dapat menetapkan target selanjutnya yaitu kelas internasional atau Olimpiade. Memiliki target yang realistis, akan membantu Anda tetap termotivasi untuk mencapai tujuan akhir.

Hal ini juga berlaku pada akun media sosial brand atau produk Anda. Misalnya target besar Anda adalah memiliki 100.000 followers di Instagram. Atau meningkatkan penjualan pada peluncuran produk baru. Sekali lagi, tidak ada yang salah dengan target tersebut. Namun, jika Anda baru saja membuat akun Instagram brand atau produk Anda bulan lalu, target tersebut tentu saja tidak realistis untuk dicapai dalam waktu dekat. Sebaliknya, fokuslah untuk menciptakan target media sosial yang lebih realistis.

Menetapkan target yang realistis akan membantu Anda tetap berjalan sesuai target dan menjaga motivasi. Tidak hanya menetapkan target yang realistis, pastikan Anda juga menetapkan batas waktu untuk bisa mencapai tagret-target yang lebih besar. Tetapkan target selama satu bulan dari sekarang dan lihat seberapa cepat Anda dapat mencapainya. Semakin Anda mencapai target sesuai dengan timeline, maka semakin besar kemungkinan Anda untuk mencapai target-target besar lainnya. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan penghargaan jika Anda berhasil mencapai beberapa target tertentu.

Lalu bagaimana mengetahui apakah target yang sudah Anda buat sesuai atau tidak dengan media sosial brand atau produk Anda miliki? GDILab.com, sebuah perusahaan social media analytic tools bisa menjadi solusinya. Beberapa produk dari GDILab.com di antaranya Campaign Monitoring, Brand, Industry, and Competitor Analysis, Customer Satisfaction, Product Development, dan Influencer Effectiveness Measurement bisa Anda pilih menyesuaikan dengan kebutuhan brand atau produk Anda di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *