Memajukan Brand Kosmetik Lewat Sosok Inspiratif

Sumber: www.shutterstock.com

Bagi sebuah brand yang melakukan pemasaran produk di media sosial, bekerjasama dengan seorang influencer atau selebriti dapat membantu tercapainya target jumlah pengguna produk. Menentukan influencer tak melulu soal jumlah followers yang sangat banyak, namun bagaimana personality yang dimilikinya relevan dengan produk yang ia promosikan.

Beberapa waktu lalu, tim GDILab menemukan 5 brand kosmetik yang kerap diperbincangkan di media sosial Twitter dengan cakupan Indonesa. Kelima brand ini memiliki influencer dan Brand Ambassador untuk memasarkan produk mereka. Jika di Twitter kelima brand ini banyak dibicarakan, bagaimana di media sosial Instagram? Simak bagaimana sosok yang dianggap menginspirasi dalam dunia kecantikan berperan penting bagi sebuah brand kosmetik di Instagram.

Zaskia Sungkar dan #wardahfashionvibe dari @wardahbeauty

Sebagai brand yang identik dengan produk kosmetiknya yang halal, Wardah memasarkan produknya bersama sejumlah Brand Ambassador dari dunia hiburan, salah satunya artis sekaligus desainer Zaskia Sungkar. Akun Instagram Zaskia Sungkar yang diikuti lebih dari 7 juta followers, @zaskiasungkar15, mengunggah foto dirinya menggunakan produk Wardah dengan hashtag #wardahfashionvibe yang mengundang netizen untuk turut pula mengunggah foto dengan hashtag yang sama. Hashtag ini sudah digunakan pada lebih dari 2,000 posts di Instagram.

Me and Wardãh C defense – DD cream ☀️ #zaskiasungkar #wardahfashionvibe wardrobe : @zashi.id

A photo posted by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

 

Beauty influencer dan make up tutorial @thebodyshopindo

Untuk memikat hati audiens, brand The Body Shop Indonesia berkolaborasi dengan sejumlah beauty influencer melalui make up tutorial yang diputar di YouTube dengan menggunakan produk-produk The Body Shop. Para beauty influencer tersebut mempromosikan video mereka di akun Instagram pribadi. Salah satunya adalah Dhana Xaviera, pemilik akun Instagram @dhanaxaviera dengan lebih dari 19.000 followers. Mengusung tema bulan Ramadhan, hashtag yang digunakan adalah #TBSramadhan. Hashtag ini telah digunakan pada lebih dari 600 posts.

New tutorial is up!✨ link is on my profile ladies❤️ #TBSramadhan

A photo posted by @dhanaxaviera on

 

Kesetiaan Rossa dengan @id.oriflame
Siapa yang tidak mengenal Rossa, salah satu penyanyi papan atas kebanggaan Indonesia. Sosoknya yang menginspirasi banyak orang membuat Oriflame Indonesia menjadikannya Brand Ambassador selama lebih dari 2 tahun. Pada akun Instagram pribadinya yang diikuti lebih dari 2 juta followers, @itsrossa910, Rossa mengunggah foto dirinya sebagai sampul katalog Oriflame edisi Juli 2016.

 

Beauty influencer dan make up contest @sariayu_mt

Brand kosmetik lokal yang sudah tak asing di telinga, Sariayu, mengadakan kontes make up di Instagram yang bekerjasama dengan sejumlah beauty influencer. Hadiah yang ditawarkan dari kontes ini adalah undangan untuk menghadiri VIP beauty class dari Sariayu. Para beauty influencer tersebut mempromosikan kontes ini pada masing-masing akun Instagram mereka dengan hashtag unik yang menyelipkan nama mereka. Contohnya seperti Sasyachi melalui akunnya @sasyachi dengan #SariayuxSasyachiGiveaway dan Kiara Leswara melalui akunnya @kiaraleswara dengan #SariayuxKiaraGiveaway.

 

Kecantikan Citra Kirana untuk @pixycosmetics

Selebriti Citra Kirana terpilih menjadi Brand Ambassador dari Pixy Indonesia pada tahun 2015 lalu. Sosoknya yang cantik, muda, dan berbakat, merepresentasi citra brand Pixy sebagai kosmetik untuk wanita muda yang produktif. Akun Instagram Citra Kirana bernama @citraciki yang diikuti oleh lebih dari 2 juta followers tentu tak lupa untuk menampilkan sosok dirinya yang mempromosikan Pixy dengan cara yang fun dan mengajak followers memberikan komentar.

Kalian lebih suka yang mana foto @pixycosmetics nya aku?? #pixytrulyasianbeauty #kawaii #citrakirana

A photo posted by Citra Kirana (@citraciki) on

Influencer dan Brand Ambassador yang mampu mengomunikasikan produk sesuai dengan target market-nya (followers) tentunya jauh lebih menguntungkan brand. GDIAnalytics, sebagai social media analytics tools dari GDILab, memahami bahwa akun-akun yang mampu membicarakan sebuah produk dengan efektif lebih penting ketimbang hanya melihat dari jumlah followers. Melalui Instagram Analytics berdasarkan hashtag, menemukan akun-akun tersebut menjadi mungkin sehingga Anda terhindar dari kekeliruan memilih influencer yang bisa menjadi bumerang untuk bisnis Anda.

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *