Sharing Rencana Long Weekend Ala Senior Executive GDILab

Sumber: www.cmitsolutions.com

Long weekend sudah di depan mata. Banyak orang, mungkin termasuk Anda, yang sudah merencanakan liburan di tanggal 5-8 Mei 2016 ini sejak jauh-jauh hari bahkan dari tahun lalu. Momen libur panjang ini juga sudah dinanti oleh Dinda Dwimanda, Senior Executive GDILab, yang menyempatkan waktunya untuk diwawancara mengenai rencana pribadinya menyambut long weekend. Bagi Anda yang belum memiliki ide untuk menghabiskan long weekend kali ini, simak wawancara Penulis bersama Dinda yang bisa memberikan inspirasi berlibur untuk Anda.

Halo, Dinda, sebentar lagi long weekend, nih. Sudah ada rencana apa?

Halo juga! Betul, di bulan Mei 2016 ini kita punya tanggal merah yaitu tanggal 5-8. Saya mau berbagi tentang rencana long weekend saya. Long weekend kali ini saya tidak ada liburan, karena memang tidak ada di dalam perencanaan budget– saya. Kenapa? Karena saya akan marathon kondangan! Saya punya 3 kondangan sekaligus dalam 1 hari, dan lokasinya dari ujung ke ujung: Bogor, Kebon Jeruk, dan Depok. Selain itu, saya akan ada family time dan quality time bersama sahabat saya yang berulang tahun.

Apa makna long weekend buat Anda?

Saat libur panjang, saya belum pernah liburan yang benar-benar liburan, karena kalau ada waktu senggang saya akan ajak teman-teman saya ngobrol di tempat favorit. Tidak harus mewah, kadang-kadang malah di rumah saya atau rumah teman saya. Kami biasanya berbagi tentang hobi dan aktivitas kami, dan kemudian membuat program bersama yang mengedukasi anak-anak.

Oh, ya, kebetulan saya sedang membuat Corporate Social Responsibility (CSR) untuk diri saya sendiri, namanya Student Communication Center di mana setiap 2 minggu sekali saya mengisi forum di almamater saya SMA 5 Depok. Saya berbagi ilmu tentang dunia komunikasi mulai dari how to be a good public speaker, tulisan, acara, jurnalistik, broadcast, desain, dan sebagainya. Jadi, tidak liburan di long weekend bukan berarti kita tidak melakukan apa-apa. Bagi saya, makna libur panjang itu adalah waktunya saya berpikir: Sisa waktu yang ada di luar pekerjaan ini bisa saya gunakan untuk berkontribusi dalam bentuk apa?

Wah, menarik juga, ya. Berarti, selama ini, long weekend selalu Anda jalani bersama keluarga dan teman-teman, ya?

Betul, dengan teman-teman, keluarga, dan sahabat-sahabat. Menikmatinya dengan cara ngobrol saja. Saya jarang ada di rumah karena saya akan selalu ajak siapapun teman atau kenalan baru untuk mengadakan pertemuan yang bisa kita investasikan dari waktu kita. Tapi, sebenarnya, kalau memang bisa di rumah, ya, saya akan di rumah, karena saya memang lebih senang di rumah.

Sebutkan 3 ide seru buat menghabiskan long weekend berdasarkan pengalaman Anda!

Pertama, karena sejak SMA saya punya komunitas lingkungan, saya menghabiskan waktu bersama komunitas untuk berbagi tentang kota saya sendiri.

Kedua, zaman saya masih sekolah, saya membuat prakarya. Misalnya, toples bekas saya ubah menjadi toples Lebaran dengan cara dihias. Bagi saya, kegiatan itu seru. Selain itu, saya suka memasak dan senang kalau masakan saya bisa dinikmati oleh keluarga dan teman-teman saya.

Ketiga, saya menyempatkan diri untuk mencari 1 orang yang belum dikenal atau ditemui, untuk diajak berkenalan dan ngobrol banyak tentang aktivitas mereka. Saya suka sekali bertemu orang, karena itu membuat saya kaya, bukan secara materil tapi pengalaman.

Terakhir, untuk yang tidak traveling saat long weekend, apakah ada tips agar long weekend kali ini tidak membosankan?

Bagi saya, tidak ke mana-mana saat libur panjang bukan berarti membosankan. Banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa manfaatkan dengan ngobrol dengan orang tua mengenai rencana-rencana hidup kamu ke depannya. Selain itu, kamu bisa mendekor ulang kamar kamu supaya menciptakan atmosfer yang lebih baik. Kemudian, karena saya suka membaca, dalam 1 hari saya bisa baca 3 buku yang sesuai minat saya yaitu psikologi. Baca buku bisa memperkaya wawasan saya mengenai cara berbicara dengan orang agar nyambung tapi tidak terdengar sok tahu. Kesimpulannya, libur panjang saya tidak neko-neko.

Saran saya, di luar pekerjaan atau kuliah, cari kegiatan yang sesuai minat kita, jadi saat long weekend kita bisa kumpul bersama dengan orang yang punya passion sama. Tapi ingat, setiap orang punya keunikan masing-masing, jadi cara kita menghabiskan waktu tidak harus sama dengan orang lain. Menikmati long weekend bukan tentang dengan siapa dan seperti apa, namun bagaimana kita merasa nyaman dengan cara kita sendiri.

Terima kasih, Dinda, sudah meluangkan waktu untuk berbagi mengenai rencana dan tips long weekend kali ini!

Sama-sama. Happy long weekend semuanya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *