Mengenal Digital Marketing dan Perannya dalam Mengembangkan Bisnis

Mengenal Digital Marketing dan Perannya dalam Mengembangkan Bisnis

 

Kemampuan dalam mengenal pelanggan atau konsumen telah diyakini sejak lama sebagai modal utama untuk mendapatkan hasil pemasaran yang baik. Kemampuan ini pun semakin dibutuhkan seiring dengan berkembangnya teknologi media digital di setiap lini kehidupan, termasuk pemasaran.

Kunci dalam mengenal konsumen adalah paham akan karakteristik dan kebutuhan orang atau bisnis yang disasar. Dilansir dari Entrepreneur.com, dalam pemasaran digital atau Digital Marketing, konsep mengenal konsumen ini harus diatur dengan menempatkan konsumen sebagai sasaran pasar dan bukan hanya penerima pesan. Dalam rencana pemasaran yang dibuat harus memiliki target keaktifan konsumen pada aktivitas pemasaran yang dibuat.

Konsep dan strategi ini diperlukan karena sifat konsumen pada media digital memiliki kebebasan untuk merespon atau meninggalkan ‘umpan’ yang kita buat. Dengan rencana yang baik, maka keberadaan konsumen pun akan bisa dikontrol melalui aktivitas yang terus dibangun secara menguntungkan.

Kalau kamu memiliki bisnis, penting untuk mengetahui bagaimana pemasaran digital telah menjadi konsep penting yang akan terus berkembang dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Penulis buku Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation, Ryan & Jones (2009) telah menjelaskan bahwa pemasaran digital memiliki keunikan tersendiri dalam memperluas kapasitas jangkauan dan mempersempit fokus pemasaran dalam waktu yang sama. Karena pemasaran digital memiliki karakter yang mampu memutus keterbatasan geografi dan zona waktu yang selama ini menjadi salah satu penghambat dalam kegiatan pemasaran tradisional.

Konsep pemasaran digital telah menciptakan beberapa konsep baru dan cara pandang terhadap konsumen yang pada mulanya dianggap pasif, menjadi subjek yang aktif dan ikut berperan membangun kerangka strategi pemasaran. Kesemua gagasan dan konsep tersebut bahkan diperkuat dengan dipublikasikannya data statistik Internet dunia yang menunjukan posisi Indonesia sebagai peringkat 8 dari top 20 negara pengguna internet di Asia (Internet World Stats, 2016).

Dalam konsep pemasaran digital, penekanan pada bagaimana interaksi yang dilakukan antar perusahaan dengan konsumen juga menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan rencana atau strategi dalam pemasaran digital. Konsep inilah yang tidak ditekankan pada konsep pemasaran tradisional. Setelah mengetahui konsep tersebut, maka jelaslah keberadaan konsumen dalam strategi pemasaran digital diketahui memiliki hubungan yang saling berpengaruh baik antara perusahaan ke konsumen, maupun antar konsumen.

Dalam rencana pemasaran yang baik pun dibutuhkan beberapa ornamen kunci yang harus diingat agar keaktifan konsumen dapat terkelola dengan baik. Seperti; mengetahui profil umum konsumen (pemetaan konsumen),  strategi memperoleh data perilaku dan gaya hidup konsumen agar penentuan strategi pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) bisa berjalan maksimal,  mengetahui profil digital untuk mengungkap dan memahami kebiasaan pengguna media digital dan pembatasan segmentasi dari peserta partisipan agar perusahaan dapat mengidentifikasi nilai dan kemampuan pelanggan.