Tips Memaksimalkan Fitur Album pada Instagram

Sesuai data yang dirilis bulan April lalu, pengguna Instagram mencapai 700 juta dan 200 juta pengguna aktif Instagram stories. Jumlah ini sangatlah fantastis bukan? Tak hanya stories, beberapa waktu lalu Instagram kembali melakukan pembaruan dengan memungkinkan penggunanya untuk mengunggah banyak foto dan video dalam satu post atau biasa disebut album.

Dengan fitur ini, Anda tidak lagi dibuat bingung untuk memilih mana satu yang terbaik di antara banyak foto atau video yang ada. Anda dapat memilih hingga 10 foto atau video. Ketika selesai mengunggahnya, Anda akan melihat tanda untuk menggeser ke kiri. Yang perlu digarisbawahi, Anda hanya memiliki satu caption dan ukuran post menjadi persegi (1:1). Agar lebih maksimal, Anda bisa memilih satu foto sebagai foto pertama atau cover. Pastikan foto pertama merupakan foto kualitas terbaik dan dapat merangkum pesan yang ingin Anda sampaikan.

Ada banyak alasan untuk Anda menyukai fitur baru ini, salah satunya yaitu Anda bisa menggunakannya untuk mendukung pemasaran bisnis Anda. Berikut beberapa tips yang bisa GDILab.com sampaikan untuk dapat memaksimalkan penggunaan fitur album Instagram bisnis Anda.

Acara

Ini mungkin salah satu alasan paling jelas untuk menggunakan fitur album pada Instagram, entah menghadiri acara, konferensi, menyelenggarakan acara, dan lain-lainnya. Tentunya Anda memiliki banyak dokumentasi foto atau video untuk dibagikan, bukan? Daripada membanjiri timeline, lebih baik gunakan fitur album. Anda bisa mengunggah foto maupun video terkait dengan acara tersebut dalam satu album.

Produk baru

Fitur album Instagram bisa Anda maksimalkan jika bisnis Anda memiliki produk baru yang diluncurkan. Misalnya Anda bisa mengombinasikan kelebihan atau fitur baru yang ada pada produk baru tersebut. Selain itu, Anda bisa menambahkan dengan testimonial dari konsumen yang sudah mencobanya.

Tutorial

Tips selanjutnya yaitu tutorial. Album Instagram adalah cara terbaik untuk membuat sebuah tutorial lengkap. Anda bisa mengombinasikan foto dan video untuk menambah wawasan mereka. Carilah cara-cara kreatif untuk dapat menunjukkan kepada audience bagaimana cara menggunakan produk Anda, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan, menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi.

Langkah demi langkah

Selain tutorial, ada beberapa hal dalam bisnis Anda yang hanya bisa disampaikan melalui petunjuk langkah demi langkah. Hal ini terutama berlaku untuk memasak, membuat kerajinan tangan, dan lainnya di mana harus menunjukkan proses sesuai dengan langkah-langkah yang ada. Dengan kehadiran album Instagram, Anda bisa membuat berbagai langkah proses dari awal sampai akhir.

Di balik layar

Seperti yang sudah beberapa kali GDILab.com sampaikan, bahwa sangat penting untuk tidak hanya fokus pada penjualan. Sesekali Anda bisa membuat content yang menunjukkan proses di belakang layar dari bisnis Anda. Misalnya dengan menampilkan sosok seorang karyawan, tunjukkan sisi kepribadian mereka yang berbeda dengan beberapa foto atau video di album.

Mengemas ulang Instagram stories

Tentu Anda sudah tahu mengenai Instagram stories bukan? Faktanya, Instagram stories akan hilang setelah 24 jam. Apakah Anda membuat content yang menarik di stories dan menyayangkan jika content tersebut hilang begitu saja? Dengan fitur album, Anda dapat mengemas ulang Instagram stories Anda dan menjadikannya dalam bentuk album di akun Instagram Anda. Pastikan bahwa Anda menyimpan stories Anda terlebih dahulu, sebelum mereka menghilang.

Itulah beberapa tips terkait album Instagram yang bisa Anda coba terapkan untuk bisnis Anda. Apapun yang Anda lakukan berkaitan dengan fitur tersebut, pastikan Anda membuatnya secara menarik. Hindari melakukan pengulangan foto atau video pada album yang sama. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *