Menjalin Hubungan yang Erat dengan Konsumen

Sudahkah konsumen Anda dengan sukarela menulis review yang baik tentang brand atau produk yang Anda miliki? Sudahkah secara sukarela mereka merekomendasikan brand atau produk Anda kepada semua orang yang mereka kenal?

Jika mereka sudah melakukan hal-hal itu, maka apa yang Anda lakukan di media sosial sudah berhasil. Namun jika belum, Anda bisa memulainya dari media sosial. Untuk menjalin hubungan erat memang tidak bisa didapat dari waktu yang singkat dan usaha yang mudah. Brand atau produk Anda harus dapat menyelesaikan masalah terbesar dari konsumen. Anda harus bisa membuat hidup atau pekerjaan mereka menjadi lebih mudah. Dengan terpenuhinya hal tersebut, maka semakin bernilai brand atau produk Anda di mata konsumen.

Cari tahu apa yang menjadi masalah konsumen

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjalin hubungan yang erat dengan konsumen yaitu mengetahui apa yang menjadi masalah bagi konsumen selama ini. Anda butuh tahu apa yang sedang mereka hadapi dan apa yang mereka harapkan dari brand atau produk Anda.

Banyak cara untuk mencari tahu masalah apa yang sedang dihadapi oleh konsumen, salah satunya Anda bisa menanyakan langsung melalui media sosial. Sebaiknya, hindari menanyakannya secara rutin setiap saat. Inilah mengapa penting untuk memahami target konsumen. Setelah mengetahuinya, Anda dapat menggarisbawahi masalah-masalah tersebut dan mulai mencarikan solusi dengan memperbaiki produk sesuai yang konsumen butuhkan.

Hindari melakukan promosi penjualan terus-menerus

Media sosial merupakan tempat yang memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara brand atau produk dengan konsumen. Namun yang perlu Anda ketahui, konsumen mengikuti akun media sosial brand atau produk Anda bukan hanya untuk menerima content promosi terus-menerus. Hindari hal tersebut kalau media sosial brand atau produk Anda tidak ingin ditinggalkan konsumen.

Anda bisa menyisipkan beberapa content informasi yang bermanfaat seperti infografis, fun facts, tips, dan lain-lain yang tentunya masih berkaitan dengan brand atau produk Anda. Selain itu, mengaitkan dengan topik terkini juga bisa Anda jadikan pilihan. Media sosial memberikan banyak kesempatan untuk menyebarkan informasi. Dengan content-content yang berisi informasi, bukan tidak mungkin konsumen dengan sukarela membantu menyebarkan karena dirasa bermanfaat bagi banyak orang.

Menjawab setiap respon yang didapat dari konsumen

Sebaiknya respon setiap komentar, permintaan, atau pertanyaan dari konsumen (terkecuali yang berasal dari bot). Jika mereka berkomentar di akun media sosial dengan menanyakan pertanyaan atau merespon pertanyaan yang diajukan itu artinya mereka benar-benar tertarik dengan Anda. Merupakan kesalahan yang sangat fatal jika Anda sampai mengabaikannya. Ambillah sedikit waktu untuk merespon mereka, berterima kasih, memberikan solusi, dan terlibat dalam percakapan-percakapan lainnya.

Lebih dari sekedar bisnis

Berbicara mengenai media sosial brand atau produk tidak melulu mengenai bisnis, namun lebih dari itu. Bagaimana caranya kita bisa membangun interaksi dan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, dalam media sosial penting untuk menjadi “manusia”. Tunjukkan beberapa personalitas, masukkan humor  ketika mengapresiasi, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *