Pentingnya Feedback dalam Kampanye Online bagi sebuah Brand

Feedback atau tanggapan konsumen memang tidak selalu positif, tetapi hal tersebut tidak bisa diabaikan begitu saja bahkan sangat dibutuhkan untuk kemajuan perusahaan Anda. Beberapa hal di bawah ini merupakan cara yang bisa Anda terapkan untuk dapat meningkatkan feedback konsumen secara online.

1. Email dan survei

Ini merupakan salah satu media favorit bagi banyak brand untuk mendapat feedback konsumen. Melalui email konsumen, Anda bisa menyebarkan survei untuk mengukur seberapa besar kepuasan mereka terhadap brand atau produk yang Anda miliki. Beberapa poin di bawah ini wajib Anda lakukan saat menjalankan survei agar mendapat hasil yang maksimal.

– pastikan pertanyaan yang simpel

– buatlah skala perhitungan secara konsisten

– sesuaikan dengan kebutuhan

– jika memungkinkan, tawarkan insentif

Jika Anda mendapat lebih banyak tanggapan negatif, jangan terlalu kecewa. Cobalah untuk dijadikan refleksi. Ingat, bahwa pengalaman setiap orang itu berbeda dan unik. Ketahui apa saja poin-poin yang menjadi sumber kekecewaan dan segera perbaiki.

2. Social listening

Ketika Anda mempunyai hubungan dengan konsumen secara personal, Anda dapat belajar lebih banyak tentang kebutuhan apa yang paling dibutuhkan oleh konsumen Anda. Namun bagaimana cara Anda menjangkau konsumen yang letaknya tidak terjangkau oleh Anda? Di sinilah peran penting social listening.

Manfaat lain dari social listening yaitu mengetahui apa yang menjadi masalah Anda dan membantu untuk mengembangkan kampanye yang efektif dalam mempromosikan produk. Social media analytic tools yang dimiliki oleh GDILab.com mampu untuk mencari tahu apa yang dibicarakan konsumen di media sosial dan mengubahnya menjadi insight yang bermanfaat untuk pengembangan strategi bisnis.

3. Membuat komunitas online

Dengan membuat komunitas online, Anda dapat memberikan konsumen Anda tempat untuk berkumpul membicarakan tentang produk (yang tentunya dapat Anda monitor), menanyakan berbagai macam pertanyaan (yang tentunya bisa langsung Anda jawab), dan berbagai tips sebagai bahan untuk diskusi. Anda bisa belajar bagaimana untuk memperbaiki produk demi kepuasan konsumen Anda.

Pada dasarnya, kesuksesan produk Anda tergantung dengan kepuasan dari konsumen. Ketika Anda mengetahui konsumen Anda dengan baik, termasuk apa yang disukai dan tidak disukai maka bukan tidak mungkin brand atau produk Anda dapat memenangkan persaingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *