Membangun Brand Awareness di Media Sosial

Ada tujuh prinsip yang harus dimiliki oleh brand jika ingin meraih kesuksesan di media sosial, yaitu mendengarkan, memahami, aktif, kolaborasi, edukasi, komunikatif, dan terhubung. Namun, dari tujuh sifat tersebut dapat dirangkum menjadi satu yang paling efektif yaitu storytelling.

Setiap orang pasti punya cerita. Kita dapat mudah terhubung dengan seseorang jika Ia mempunyai cerita yang berarti bagi kita. Hal ini juga berlaku bagi sebuah brand. Brand yang membuat narasi dengan baik dan penuh arti akan mendapat engagement yang lebih besar. Mengapa? Karena hal ini menandakan, pesan yang disampaikan brand Anda dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Berikut tips dan trik membangun brand awareness di media sosial:

1. Membuat orang merasakan pengalaman menggunakan brand Anda

Kekuatan media sosial telah memberikan kesempatan agar konsumen dapat berbicara secara jujur tentang brand yang telah digunakannya. Bahkan hal ini lebih efektif daripada apa yang disampaikan oleh brand itu sendiri. Jika konsumen puas dengan produk dari brand yang Anda miliki, tentu dengan senang hati mereka akan merekomendasikan kepada orang-orang terdekatnya.

2. Mendengarkan dan berinteraksi dengan konsumen

Media sosial telah merubah cara pandang konsumen dalam berinteraksi dengan brand. Sebelum terhubung dan berkomunikasi dengan konsumen melalui media sosial, Anda butuh untuk mendengarkan dan mengerti apa yang konsumen inginkan. Untuk menangkap informasi tersebut, Anda membutuhkan social media analytic tools. Analytics.gdilab.com dari GDILab.com akan membantu Anda menangkap percakapan konsumen di media sosial dan merubahnya menjadi data. Jika brand yang Anda miliki membuat produk sesuai dengan yang dibutuhkan oleh konsumen, bukan tidak mungkin Anda dapat memenangkan persaingan.

3. Membuat konten yang relevan

Saat ini menjual sepasang sepatu tidak cukup dengan hanya berkata “Saya menjual sepatu”. Namun konsumen membutuhkan penjelasan mengapa harus memilih sepatu yang Anda jual dibanding di tempat lain. Hal inilah mengapa penting untuk membuat konten promosi yang relevan dengan brand yang Anda miliki. Misalnya, brand yang Anda miliki adalah sepatu olahraga. Tema olahraga dan gaya hidup sehat akan mendominasi tema promosi brand Anda. Dengan membuat konten-konten yang relevan, akan memudahkan Anda dalam membangun brand awareness di media sosial.

Dengan menerapkan tiga strategi di atas, kesuksesan dalam membangun brand awareness di media sosial bukan hal yang tidak mungkin lagi. So, what are you waiting for?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *