Kesalahan Persepsi tentang Social Media Marketing yang Sebaiknya Anda Hilangkan

Bagi pebisnis, media sosial telah merubah banyak hal. Terutama cara Anda dalam menjalankan strategi pemasaran. Meski mempunyai banyak manfaat, namun ada beberapa kesalahan persepsi dalam memandang media sosial yang jika dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan kerugian. Berikut beberapa penjelasan mengenai kesalahan persepsi tentang social media marketing yang perlu Anda hilangkan:

Banyak followers = kunci sukses social media marketing

Sebagai pebisnis, penting untuk mengukur seberapa besar audience yang Anda miliki. Namun hal ini tidak bisa dijadikan sebagai ukuran sukses atau tidaknya pemasaran di media sosial. Hal yang perlu Anda ketahui, bahwa ketika seseorang mengikuti akun bisnis Anda bukan berarti mereka selalu membaca atau menyimak apapun yang Anda posting. Salah satu yang bisa dijadikan tolak ukur yaitu jumlah engagement. Pastikan bahwa pengikut Anda benar-benar terlibat aktif dengan setiap aktifitas di media sosial Anda.

Harus aktif di seluruh kanal media sosial

Sangat hebat jika sebuah brand atau produk dapat aktif di berbagai platform media sosial. Namun sebaiknya Anda fokus pada sedikit platform saja, agar maksimal dan mendapatkan hasil terbaik. Mulailah dengan mencari tahu tentang target pemasaran bisnis Anda dan kebiasaan online para audience, seperti platform apa yang paling sering digunakan dan lain-lain. Setiap kanal media sosial mempunyai spesialisasinya masing-masing. Misalnya, Twitter paling cocok untuk berdiskusi, sedangkan Instagram paling cocok untuk menampilkan sisi visual dari brand atau produk Anda. Dari hal ini, Anda bisa memikirkan platform apa yang paling cocok dengan brand atau bisnis Anda.

Media sosial tidak termasuk dalam strategi marketing

Media sosial bisnis Anda akan menyampaikan hasil yang terbaik ketika Anda membuat konten-konten terbaik pula. Menganggap bahwa media sosial terpisah dari strategi marketing adalah sebuah kesalahan. Media sosial merupakan salah satu bagian dari strategi marketing.

Selain mengubah persepsi tentang social media marketing, penting untuk menganalisa keberhasilan media sosial bisnis Anda. Dengan menganalisa akun media sosial bisnis, dapat menjadi bahan untuk evaluasi strategi pemasaran di waktu yang akan datang. Analytics.gdilab.com social media analytic tools dari GDILab.com menjadi salah satu solusi untuk memprediksi kebutuhan konsumen bisnis Anda melalui media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *