Konten Organik, Kunci Sukses dari Media Sosial Bisnis atau Brand

Setiap bisnis pastinya ingin sukses terutama dalam social media marketing, namun apa rahasianya untuk menjadi sukses? Sayangnya, tidak ada formula yang paling tepat dalam kesuksesan social media marketing bisnis atau brand. Dalam artikel ini, kita akan melihat secara spesifik bagaimana konten organik bisa memberikan kesuksesan bagi social media marketing bisnis Anda.

Di awal kemunculan media sosial, bisnis atau brand hanya mengandalkan konten secara organik tanpa menggunakan iklan. Daripada mengeluarkan uang untuk membayar iklan, konten bisnis atau brand lebih baik muncul di timeline secara natural atau organik. Hal ini membuat penekanan pada pembuatan konten yang berkualitas baik yang disukai oleh konsumen.

Setelah beberapa tahun berjalan, media sosial semakin tumbuh dan berkembang. Banyak bisnis atau  brand yang hilang kepercayaan terhadap konten organik. Salah satu alasan perubahan ini adalah meningkatnya kompetisi. Hal ini membuat bisnis atau brand harus berjuang lebih gencar untuk didengar, sehingga konten organik dinilai tidak lagi efektif. Alasan lain mengapa kepercayaan brand terhadap konten organik hilang yaitu algoritma media sosial yang telah berubah khususnya pada Facebook dan Instagram.

Perubahan algoritma pada Facebook dan Instagram menyebabkan keuntungan bagi pengguna namun tidak bagi brand. Perubahan ini menyebabkan mereka hanya dapat melihat postingan yang sesuai dengan ketertarikan dan yang paling sering berinteraksi. Untuk bisnis atau brand, hal ini tentu lebih menantang, karena visibilitas konten mereka berubah drastis. Dalam melawan ini, banyak pebisnis mengubah strategi dengan menggunakan iklan berbayar untuk mendapat lebih banyak jangkauan. Sehingga membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk kepentingan iklan.

Namun tahukah Anda bahwa penggunaan iklan dapat memberikan efek yang tidak baik ke depannya? Saat ini memang perusahaan Anda mempunyai anggaran yang cukup untuk membuat iklan, namun bagaimana bila suatu saat bisnis Anda tidak lagi mampu membiayai iklan? Apakah pemasaran bisnismu akan terhenti begitu saja? Tentu saja tidak, bukan.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu mengandalkan iklan sebagai strategi dalam pemasaran bisnismu. Sebaliknya, selalu gunakan konten organik sebagai senjata andalan. Buatlah konten yang menarik dan disukai konsumen. Jika hal tersebut Anda lakukan, konten akan disebarkan secara sukarela oleh konsumen.

Setelah memaksimalkan pembuatan konten secara organik, Anda tetap membutuhkan tools untuk menganalisa dan mengevaluasi konten yang telah dibuat. Social media analytic tools bisa mengolah data-data yang didapat dari media sosial bisnis Anda menjadi insight yang bermanfaat dalam menyusun strategi pemasaran bisnis ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *