Mendengarkan Percakapan di Media Sosial, Apa Manfaatnya?

Sumber: www.dancestudioswebdesign.com

Tahukah Anda, bahwa saat ini 80% data yang ada di dunia adalah unstructured data yang dihasilkan dari internet, dan sebagian besar berasal dari media sosial? Lebih dari itu, 90% dari data tersebut baru dihasilkan dalam 2 tahun terakhir. Lalu, apa yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dari data tersebut?

Disebut sebagai miniatur dari masyarakat karena mewakili pemikiran mengenai berbagai hal, media sosial bukan hanya sarana berbagi momen dan foto, namun juga tempat di mana brand, produk, dan layanan, diperbincangkan secara jujur dan bebas oleh pengguna. Bayangkan jika percakapan tersebut ditangkap oleh Anda sebagai pelaku bisnis, manfaat seperti apa yang Anda dapatkan.

Mereka Berbicara Harapan

Konsumen bisa sangat aktif mengungkapkan pendapat mereka di media sosial. Tidak melulu menulis tentang keluhan mereka, namun juga harapan dan saran mereka pada suatu produk yang mereka gunakan. Mereka memberikan pandangan mengenai apa yang harus Anda lakukan sekaligus hindari agar produk Anda bisa menjawab permasalahan mereka sehingga mampu merebut perhatian pasar. Pelaku bisnis mana yang tidak mau?

Mereka Mencari Anda

Bisnis Anda sudah terkonsep dengan baik. Produk Anda berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing. Sayangnya, potential customer Anda tidak tahu bahwa produk Anda ada. Di media sosial, menemukan orang-orang yang sedang mencari produk Anda menjadi mungkin. Ada dua manfaat yang bisa Anda rasakan dari sini. Pertama, Anda tidak perlu lagi mendekati orang secara acak demi mempromosikan produk (di mana orang tersebut belum tentu tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan). Kedua, Anda menghemat waktu, biaya, dan tenaga, karena langsung menyasar orang-orang yang tepat. Menarik, bukan?

Mereka Ingin Direspon

Sekarang, bayangkan Anda telah menemukan sejumlah orang yang sedang membutuhkan produk seperti yang Anda punya, atau memiliki pertanyaan seputar industri bisnis Anda. Langkah apa yang perlu Anda ambil selanjutnya? Beri respon sebelum kompetitor Anda melakukannya. Bisnis Anda menjadi penyelamat yang memberikan jalan keluar bagi mereka. Ke depannya, jangan heran jika mereka cenderung memilih menggunakan produk Anda (apalagi dengan keaktifan Anda di media sosial) dan membangun loyalitas mereka pada brand Anda. Loyalitas konsumen adalah segalanya bagi pelaku bisnis, setuju?

Nah, dengan menyimak sederet manfaat tersebut, semoga bisa menjawab permasalahan Anda yang mengalami kesulitan dalam menemukan potential customer Anda.

 

* Mau meningkatkan penjualan bisnis dan popularitas diri Anda di media sosial? SocialMeter.id bisa menjadi solusi yang Anda pilih. SocialMeter.id merupakan produk dari GDILab.com yang dapat memberikan arahan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil untuk membantu meningkatkan penjualan, reach, exposure, dan engagement di akun media sosial mereka. Tidak hanya itu, SocialMeter.id juga dapat membantu para influencers, buzzers, bloggers, dan selebgram meningkatkan popularitas mereka di tiga media sosial: Twitter, Facebook Page, Instagram. Harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau, pemilik usaha mikro/kecil, dan para influencers cukup membayar Rp 100.000 per-bulan atau Rp 500.000 per-tahun. Masukkan kode SM07, untuk mendapatkan diskon sebesar 10%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *