Facebook Analytics: Yang Terbaru dari GDIAnalytics

Screen Shot 2016-08-26 at 11.44.35 AM

Sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) yang bergerak di bidang social media analytics, GDILab dengan GDIAnalytics terus mengembangkan produk untuk membantu brand, bisnis, dan UKM, mendapatkan market insight melalui analisis media sosial. Bagi Anda yang telah menggunakan GDIAnalytics, tentu Anda tahu bahwa ada tiga media sosial yang dapat dipantau dan dianalisis oleh Social Intelligence Platform ini, salah satunya Facebook.

Setelah sebelumnya GDIAnalytics menggunakan Facebook Graph Application Programming Interface (API) versi 2.0, di awal bulan Agustus 2016 ini GDIAnalytics resmi mendapatkan approval untuk mengakses Facebook API versi 2.5. Seperti yang kita ketahui, Facebook API merupakan jembatan antara Facebook dan aplikasi di luar Facebook agar dapat terhubung dan berinteraksi dengan Facebook, termasuk mengakses data yang tersimpan.

create project

Facebook memberlakukan sistem verifikasi kepada aplikasi pihak ketiga, dalam hal ini aplikasi-aplikasi yang ingin terkoneksi dengan facebook agar penggunaan data, arsitektur, dan lain sebagainya dapat lebih manageable.

keyword mapping

Berbicara mengenai pembaruan versi dari Facebook API, sebelumnya pada Facebook API versi 2.0 terdapat banyak fitur yang tersedia, dan bagi developer, ada fitur yang sangat disukai yaitu Facebook Query Language (FQL). Dengan FQL, developer bisa menjelajahi data Facebook hanya dengan query atau yang juga disebut dengan keyword, dan menarik data yang diinginkan dengan sangat mudah.

Akan tetapi, dari sisi arsitektur, FQL ini dirasa berat sehingga pada 7 Agustus 2016 lalu Facebook memberhentikan fitur FQL dan sekarang menggantinya dengan Facebook Graph API versi 2.5. Secara teknis, versi tersebut memang berbeda pada beberapa hal, namun secara teori sama yaitu kita dapat menarik data yang kita butuhkan.

peak time

Manfaat yang bisa didapatkan dari dashboard Facebook Analytics dari GDIAnalytics, di antaranya adalah kita dapat memperoleh informasi mengenai post dari sebuah Fan Page yang kemudian kita analisis sesuai dengan kebutuhan seperti analisis sentiment, juga sistem peringkat dari pengguna yang berinteraksi.

Dengan menggunakan Facebook API versi 2.5, GDIAnalytics dengan Facebook Analytics dapat meningkatkan performa dalam penarikan data menjadi lebih cepat, sehingga dapat selalu membantu para pelaku bisnis dan UKM semakin maju melalui analisis media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *